Hormon Penyebab Jerawat Dan Cara Mengatasinya

Hormon Penyebab Jerawat – Masa puber adalah masa dimana tumbuh kembang dan produksi hormon belum stabil maka sangat umum sekali kalau jerawat banyak tumbuh pada usia remaja. Terlebih lagi pada saat Anda sedang mengalami menstruasi pertama, hormon yang memproduksi sebum sangat tidak terkontrol sehingga banyak jerawat yang akan muncul pada kulit wajah Anda.
Sebenarnya jerawat yang timbul pada usia remaja sangatlah wajar, namun sebagai wanita yang sedang mengalami pubertas Anda akan dihadapkan oleh masalah psikologi yang cukup berat. Kepercayaan diri seorang wanita akan semakin melemah jika wajahnya memiliki masalah kulit seperti timbulnya jerawat yang banyak. Terlebih lagi jika jerawat yang ada diwajah Anda dibiarkan maka akan mempengaruhi kecantikan dan juga penampilan Anda.
Selain itu faktor kesehatan juga mempengaruhi untuk segera menangani masalah jerawat yang timbul diwajah Anda. Jerawat yang tidak diperhatikan akan memicu masalah kulit lain ataupun memicu datangnya jerawat yang lebih parah seperti jerawat batu dan jerawat parah lainnya yang bisa menyebabkan lubang atau bopeng pada kulit wajah Anda.
Sekarang beralih pada masalah hormon penyebab jerawat dan bagaimana cara mengatasinya. Hormon penyebab jerawat sebagai salah satu hormon yang menyebabkan timbulnya jerawat dinamakan hormon libodo. Hormon ini sangat berperan aktif dalam memunculkan jerawat pada usia remaja yang sedang mengalami masa pubertas.
Hormon Penyebab Jerawat

 

Hormon Penyebab Jerawat

Hormon libido identik dengan keingintahuan para remaja yang masih dalam tahap masa puber terhadap hal-hal yang bersifat dewasa. Keingintahuan inilah yang menyebabkan produksi hormon tidak stabil dan menyebabkan jerawat. Walaupun keingintahuan tersebut tidak bisa dicegah, namun untuk mengatasi masalah timbulnya jerawat karena hormon libido tersebut bisa diatasi dengan menggunakan bebebapa tips dibawah ini. Jika Anda sedang beranjak dewasa dan memiliki masalah hormon penyebab jerawat ini, simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Jerawat Akibat Hormon Libido

Pola Makan Terjaga

Salah satu bentuk untuk mengatasi masalah jerawat yang ditimbulkan oleh hormon libido adalah dengan menjaga pola makan dengan rutin mengkonsumsi sayur dan buah agar hormon penyebab jerawat didalam tubuh Anda menjadi seimbang dan terkontrol. Walaupun saat dewasa jerawat dengan sendirinya akan hilang, namun sebagai tindak pencegahan baiknya dimulai dari sekarang agar saat dewasa nanti wajah Anda mulus dan terhindar dari noda bekas jerawat ataupun flek hitam.
Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, karena vitamin C merupakan zat antioksidan yang melawan radikal bebas, selain itu vitamin juga berperan aktif dalam melawan penuaan dini sehingga kulit wajah Anda akan lebih cerah dan bersih.

Perawatan Wajah Yang Rutin

Saat mulai beranjak dewasa untuk menghindari jerawat lakukan perawatan kulit wajah minimal cuci muka dengan memperhatikan kandungan sabun muka yang Anda pakai. Jika kulit Anda sensitif, coba pakai produk sabun papaya atau sabun bayi yang ber PH seimbang.
Karena jika perawatan seperti cuci muka tidak Anda lakukan, kulit wajah yang setiap harinya terpapar sinar matahari dan juga polusi akan mengakibatkan jerawat karena pori-pori kulit wajah Anda tersumbat. Jika kotoran pada wajah Anda tidak dibersihakan tidka hanya jerawat saja yang muncu, namun juga masalah kulit lain seperti komedo juga akan menjadi masalah utama Anda.

Menggunakan Pelembab Untuk Kulit Wajah

Jika Anda adalah orang yang suka melakukan aktifitas luar maka disarankan untuk selalu memakai pelembab pada kulit wajah Anda. Sinar matahari siang yang memproduksi sinar ultra violet sangat berbahaya bagi kesehatan kulit, khususnya kulit wajah yang tidak terlindungi sama sekali. Jika kulit wajah Anda kering, maka radiasi dari sinar matahari tersebut akan semakin memperburuk keadaan kulit wajah Anda.
Paparan dari sinar matahari selain bisa kulit kering dan pengelupasan, juga bisa menimbulkan berbagai masalah kulit lainnya seperti flek, jerawat, dan yang paling parah adlah kanker kulit. Jadi biasakan selalu menggunakan sunblock saat beraktifitas luar agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Perbanyak Minum Air Putih

Jerawat yang disebabkan oleh hormon libido juga memicu produksi kelenjar minyak berlebih pada wajah Anda sehingga jerawat akan muncul. Minyak sendiri berfungsi menjaga kelembaban pada wajah Anda, namun jika hormon penyebab jerawat ini memproduksi terlalu banyak minyak maka jerawat dan komedo yang muncul tidak sedikit bahkan hampir diseluruh bagian wajah Anda.
Dengan mengkonsumsi banyak air putih maka minyak yang berlebih pun akan dikeluarkan melalui keringat dan urine sehingga minyak yang berlebih bisa dikendalikan. Usahakan untuk mengkonsumsi air minum minimal 2 liter perhari, selain kulit wajah Anda semakin cerah karena tidak berlebih kelenjar minyak, namun juga kesehatan Anda akan lebih terjaga.

Olah Raga

Sama halnya dengan banyak mengkonsumsi air putih agar kelenjar minyak pada wajah berkurang, olah raga kecil minimal jogging selama 10-20 menit juga bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan minyak dan juga lemak melalui keringat.

Suntik Hormon

Suntik hormon penyebab jerawat bisa jadi pilihan terakhir untuk mengatasi masalah jerawat yang disebabkan oleh hormon penyebab jerawat dengan cara mengurangi kuantitas produksi jerawat dari hormon tersebut. Konsultasikan terhadap dokter spesialis tentang metode suntik hormon ini. Jika Anda masih bisa melakukan cara lain selain suntik hormon lebih baik metode seperti suntik ini dihindari.

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

Jika Anda sudah melakukan pengobatan untuk mengatasi jerawat akibat hormon libido yang belum stabil, beberapa tips lain untuk mencegah timbulnya jerawat ini bisa Anda praktekan secara rutin dan terus menerus.
  • Gunakan produk kecantikan yang aman dan sesuai dengan jenis kulit Anda
  • Kurangi kebiasaan begadang
  • Hindari makanan yng mengandung lemak tak jenuh misalnya gorengan
  • Yoga (aktifitas ini bisa membuat aliran darah semakin lancar dan membuat tubuh dan pikiran Anda semakin rilek)
  • Jaga kebersihan kulit wajah dan berikan nutrisi penuh untuk kulit wajah Anda dengan melakukan perawatan bahan alami seperti masker madu, tomat, timun, dan lainnya.
Dengan memperhatikan beberapa tips diatas maka Anda pun bisa mencegah timbulnya jerawat  pada kulit wajah Anda. Memiliki kulit wajah yang sehat, cerah, mulus, dan terhindar dari permasalahan komplek wanita seperti jerawat dan komedo adalah dambaan hampir seluruh wanita. Apalagi jika Anda sedang mengalami pubertas, berhati-hatilah dalam merawat kulit wajah Anda.
Itulah beberapa ulasan mengenai hormon penyebab jerawat dan cara mengatasi masalah jerawat yang ditimbulkan karena hormon tersebut belum stabil dalam produksi sebum. Masa puber adalah masa dimana berbagai permasalahan dan juga pengembangan diri serta karakter bercampur menjadi satu, karena itu sebisa mungkin selalu kontrol dan jaga pola makan, kebutuhan istirahat, dan juga kualitas perawatan wajah juga harus selalu diperhatikan.
Jangan sampai Anda berpikir kalau jerawat yang disebabkan oleh hormon penyebab jerawat akan hilang jika dibiarkan dengan sendirinya pada masa remaja. Secara pasti memang bisa hilang, namun jika Anda tidak segera mengatasi permasalahan tersebut, wajah Anda otomatis akan memiliki masalah permanen seperti flek hitam yang susah sekali dihilangkan.

Leave a Comment