3 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Pada Kulit Wajah Yang Paling Efektif

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat – Jerawat merupakan sejenis masalah yang paling identic dengan perempuan, karena perempuanlah yang paling memperhatikan kulit wajah mereka dibandingkan dengan pria. Dengan adanya jerawat ini, membuat penampilan wanita kurang maksimal dan akibatnya menurunkan rasa percaya diri ketika akan melakukan berbagai aktifitas luar ruangan. 
Sebenarnya, jerawat ini akan menghilang seiring dengan berjalannya waktu. Hanya saja dalam prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama, selain itu jerawat yang tidak mendapatkan perawatan akan menimbulkan bekas jerawat yang membandel.

Oleh karenanya, ketika wajah Anda mulai berjerawat segera lakukan penanganan aman untuk menghilangkan jerawat. Cara aman yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami, bahan tersebut bukanlah sekedar bahan alami biasa namun merupakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat.

Menghilangkan Jerawat Pada Kulit Wajah Yang Paling Efektif

Berikut ada 2 bahan alami yang dikenal sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya.

Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis

Buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini sangat baik digunakan untuk menghilangkan masalah jerawat yang terjadi pada kulit, selain itu dalam jeruk nipis juga mengandung semacam asam dengan nama alpha-hydroxy yang dapat digunakan dalam hal mengatasi jerawat. Jika ingin menggunakan jeruk nipis sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat, sebaiknya menunggu terlebih dahulu hingga sembuh jerawat yang terjadi pada kulit untuk menghindari rasa perih.
Selain dapat menghilangkan jerawat pada wajah, jeruk nipis juga memiliki manfaat lain yang tak kalah hebatnya yakni untuk mengatasi rambut rontok, sebagai pelangsing tubuh, dan juga sebagai pembersih kuku. Namun yang lebih pentingnya, kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat membantu dalam hal peremajaan sel-sel kulit mati dan juga dapat membantu melarutkan kandungan lemat yang terdapat dalam tubuh.
Menggunakan jeruk nipis sebagai salah satu bahan alami untuk menghilangkan jerawat memang sangat aman, lebih mudah untuk didapatkan, lebih murah, dan tentunya tidak mengandung berbagai zat kimia berbahaya seperti dalam kandungan krim obat jerawat. Selain itu, jeruk nipis tidak memiliki efek samping pada kulit malah akan membuat kulit wajah semakin terlihat putih bersih.
Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami untuk menghilangkan jerawat yang satu ini terbilang mudah dan simpel, caranya dapat dilihat pada uraian berikut ini:
  • Gunakan jeruk nipis sebagai minuman, dapat dicampur dengan teh
  • Jeruk nipis dapat dipotong dan dijadikan sebagai masker wajah
  • Jeruk nipis dapat dicampur dengan madu yang kemudian diaplikasikan pada wajah, diamkan beberapa saat sampai kering dan kemudian bilas menggunakan air dingin
  • Jeruk nipis dapat dicampurkan dengan putih telur, kemudian dioleskan pada wajah. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan menggunakan air dingin, lakukan kegiatan ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu.
  • Hasil perasan jeruk nipis dapat dioleskan dan ditempelkan dengan menggunakan kapas pada bagian wajah yang berjerawat selama 20 menit, kemudian dibilas dengan menggunakan air dingin.
  • Jeruk nipis dapat dipotong secara langsung yang kemudian dapat digosokan langsung pada bagian wajah berjerawat, tunggu beberapa saat kemudian bilas. Selain dapat menghilangkan jerawat, cara seperti ini juga sangat berguna dalam membuat kulit halus, putih, dan juga merapatkan pori-pori pada wajah.

Antioksidan dan juga vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit, kandungan asam yang berasal dari buah ini juga dapat menghilangkan jerawat serta bekasnya, flek hitam, kulit keriput, dan membantu mencerahkan kulit serta mencegah jerawat datang kembali. Oleh karenanya jeruk nipis merupakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya.
Kandungan citric acid pada jeruk nipis memiliki peranan yang baik dalam membersihkan sel kulit mati dan juga dapat membantu dalam membersihkan kulit dari minyak berlebih. Jeruk nipis sangat baik digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat untuk jenis jerawat yang telah mengalami peradangan dan tidak kunjung sembuh, selain itu baik juga digunakan untuk mengatasi jerawat yang membandel.

Menghilangkan Jerawat Dengan Lemon

Khasiat dari madu ini sama halnya khasiat pada jeruk nipis, hal ini karena kandungan yang terdapat dalam lemon tidak jauh berbeda dengan kandungan yang terdapat pada jeruk nipis. Kandungan yang terdapat dalam lemon dapat mengeringkan jerawat pada wajah Anda, hal ini tentunya membuat Anda dapat terhindar dari masalah jerawat yang satu ini.
Lemon merupakan jenis buah yang memiliki kandungan asam sitrat dan juga sangat kaya akan vitamin C. Kandungan asam sitrat pada lemon dapat membantu dalam mengeringkan jerawat, hal ini menjadikan lemon sangat baik untuk membantu menghilangkan jerawat. Selain dari fungsi tersebut, asam sitrat juga memiliki peran dalam pengelupasan kulit. Sedangkan untuk kandungan vitamin C-nya sendiri, sangat bermanfaat untuk membuat wajah tampak cerah dan juga putih.
Oleh karenanya, noda kemerahan pada kulit wajah hasil akibat dari peradangan dapat sedikit tersamarkan. Pengelupasan yang terjadi pada kulit wajah dan juga pemutihan atau penyamaran noda kemerahan hasil dari asam sitrat dan juga vitamin C, hal ini akan membuat dalam memperbaiki tampilan kulit.
Bahan alami untuk menghilangkan jerawat dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan 2 cara, yakni pengobatan dari luar dan juga dalam tubuh. Untuk pengobatan dari dalam, lemon dapat dipotong dan kemudian diperas. Campurkan sedikit madu/gula pasir pada air hasil perasan lemon, seduh dengan air hangat dan minum untuk mendapatkan khasian pencerahan kulit. Lakukan kegiatan ini dengan teratur untuk hasil maksimal, namun usahakan jangan terlalu sering karena sifat asam pada lemon dapat merusak enamel gigi dan juga tidak baik bagi lambung.
Cara pengobatan dari luar, dapat dilakukan dengan menggunakan lemon sebagai masker. Sebaiknya jika Anda ingin menggunakan lemon sebagai masker, campurkan dengan bahan yang lain (campuran yang paling tepat adalah madu). Sifat asam dalam madu dapat membuat kulit Anda kering dan madu dapat menyeimbangkannya karena bersifat melembabkan.
Untuk menggunakan lemon sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan cara membersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian keringkan. Oleskan masker lemon + madu pada wajah yang berjerawat, diamkan 15 sampai 20 menit sampai masker kering. Bilas dengan air sampai bersih, lakukan kegiatan ini secara rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu atau setiap malam.

Menghilangkan Jerawat Dengan Cengkeh

Cengkeh tidak hanya digunakan sebagai campuran rokok, bahan makanan, ataupun pemanis kue, namun cengkeh yang merupakan tanaman yang berkhasiat menghilangkan jerawat secara alami. Cengkeh yang diaplikasikan pada kulit wajah untuk merawat kecantikan kulit atau menghilangkan jerawat pengganggu  wajah Anda adalah cengkeh yang sudah diekstrak menjadi minyak.
Minyak cengkeh memiliki kandungan alami yang memiliki sifat senyawa analgesik sebagai anti radang dan juga anti bakteri. Menggunakan minyak cengkeh pada wajah yang memiliki jerawat akan membuat jerawat pengganggu wajah Anda tersebut kempes dan hilang secara cepat. Tidak hanya masalah jerawat saja yang bisa diatasi oleh minyak cengkeh, namun juga masalah komedo, jamur, dan permasalah kulit lainnya. Dibawah ini ada beberapa manfaat minyak cengkeh dan hal-hal penting lainnya tentang cengkeh yang bisa Anda jadikan bahan referensi.

Manfaat Cengkeh Untuk Jerawat Datang Mengganggu Wajah

1. Menghilangkan Jerawat Yang Timbul Dikulit Wajah
Eugenol sebagai zat anti bakteri yang terkandung pada minyak cengkeh akan membantu menghilangkan jerawat yang timbul secara tepat. Cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada bagian kulit wajah yang berjerawat dan tunggu beberapa jam, jerawat tersebut akan mengempes dan hilang karena bakteri dan kuman yang menyebabkan benjolan jerawat sudah dihabisi oleh zat anti bakteri dari minyak cengkeh ini.
Selain itu jika minyak cengkeh digunakan secara rutin sebagai campuran masker maka bisa menghindari timbulnya jerawat pengganggu wajah Anda. Karena zat Eugenol juga merupakan zat antiseptik yang mampu menghambat tumbuhnya bakteri dan kuman penyebab jerawat yang berpotensi menginfeksi kulit dan menumbuhkan jerawat.
2. Sebagai Sumber Antioksidan
Untuk menangkal paparan radikal bebas dari debu dan polusi jalanan yang bisa menyebabkan jerawat maka antioksidan menjadi zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh khususnya kulit wajah. Dengan minyak cengkeh maka kebutuhan aktioksidan Anda terpenuhi, didalam ekstrak minyak cengkeh kandungan hebat seperti kalium, fosfor, natrium, memiliki peran penting menangkal racun radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh dan kulit.
Banyak bahan herbal yang diekstrak menjadi minyak tidak memiliki zat antioksidan, namun berbeda dengan minyak cengkeh. Minyak cengkeh sudah teruji sebagai sumber aktioksidan menjaga kesehatan kulit wajah Anda sehingga timbulnya jerawat bisa dihindari.
3. Menghilangkan Flek Hitam dan Bekas Jerawat
Flek hitam bekas noda jerawat memang sangat sulit dihilangkan kalau hanya dengan menggunakan produk facial foam atau sabun muka saja. Penanganan khusus dengan metode medis pun banyak dipakai oleh hampir seluruh wanita yang memiliki masalah flek hitam dan juga bekas jerawat yang tidka bisa dihilangkan. Namun jika Anda menginginkan metode alami minyak cengkeh atau air dari rebusan cengkeh bisa menghilangkan noda bekas jerawat dan juga menyamarkan noda hitam.
Karena proses mengatasi jerawat yang timbul dengan menggunakan minyak cengkeh tergolong sangat cepat, maka bekas yang ditimbulkannya pun tidak terlalu mempengaruhi kulit wajah Anda.
4. Menyembuhkan Peradangan Kulit Akibat Jerawat
Zat lain yang terkandung dalam minyak cengkeh yang berkhasiat menyembuhkan peradangan kulit yang disebabkan oleh timbulnya jerawat pengganggu wajah Anda adalah flavonoid. Terkadang jerawat yang tidak segera diatasi memiliki ukuran yang semakin lama semakin tumbuh besar dan membuat radang pada kulit wajah Anda.
Dan jika pembengkakan dan peradangan kulit akibat jerawat dibiarkan maka akan menimbulkan berbagai reaksi masalah kulit lainnya seperti gatal, perih, dan bernanah. Minyak cengkeh yang merupakan anti inflamasi akan dengan sangat cepat memulihkan peradangan akibat jerawat dan juga mengurangi pembengkakan.

Cara Penggunaan Cengkeh Untuk Masalah Jerawat

Langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui cara penggunaan minyak cengkeh sebagai senjata melawan jerawat pengganggu wajah Anda adalah sebagai berikut :
  • Siapkan minyak cengkeh pada wadah (Anda juga bisa menggabungkan dengan campuran minyak alami seperti zaitun, lavender, atau tea tree)
  • Campur hingga merata dan tambahkan sedikit air
  • Bersihkan wajah Anda terlebih dulu sebelum mengaplikasikan campuran minyak cengkeh tersebut ke jerawat Anda
  • Setelah wajah bersih, oleskan minyak cengkeh pada jerawat yang timbul disekitar wajah Anda yang ingin Anda hilangkan.

Anda juga bisa melakukan perawatan wajah lainnya dengan menggunakan campuran minyak cengkeh ini untuk dijadikan masker sebelum tidur secara rutin, selain bisa mencegah datangnya jerawat kembali, masalah kulit lain seperti komedo juga bisa dihilangkan oleh treatment minyak cengekeh ini.

Hal Penting Lain Tentang Minyak Cengkeh Sebagai Obat Jerawat

Beberapa poin penting dibawah ini merupakan poin penting yang harus Anda perhatikan jika menggunakan minyak cengeh sebagai senjata untuk mengatasi masalah kulit wajah yang berjerawat atau berkomedo. Dengan memperhatikan poin penting dibawah ini maka Anda akan lebih siap dan paham tentang cara penggunaan minyak cengkeh untuk obat mengatasi jerawat.
  • Formulasi minyak cengkeh sangat kuat jadi bisa menimbulkan reaksi iritasi (jika kulit Anda berjenis sensitif, gunakan campuran minyak cengkeh dengan bahan minyak lain pada bagian jerawatnya saja)
  • Simpan ditempat yang jauh dari sinar matahari
  • Jangan dicampur dengan bahan kimia (hanya boleh dicampur dengan minyak alami dan air saja)
  • Karena minyak cengkeh bisa menimbulkan reaksi alergi, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu atau tes sendiri di laboratorium.

Beberapa poin penting tersebut harus Anda jadikan perhatian penting sebelum menggunakan minyak cengkeh untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit yang sedang Anda alami misalnya jerawat, komedo, jamur, dan lainnya. Ekstrak tumbuhan cengkeh yang diolah menjadi minyak  cengkeh perlahan namun pasti akan membantu Anda menghilangkan masalah kulit termasuk jerawat penggangu wajah Anda.
Itulah beberapa ulasan mengenai cengkeh yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi jerawat pengganggu wajah Anda yang datang secara tiba-tiba. Semua hal yang berkaitan dengan cengkeh ini bisa menjadi bahan informasi dan pengetahuan Anda yang nantinya bisa Anda coba untuk mengatasi permasalahan kulit yang mungkin saja timbul pada waktu yang tidak tepat. Dengan menggunakan bahan alami resiko dari efek samping akibat penggunaan obat jerawat kimia bisa dihindari oleh Anda. Yang pasti selalu perhatikan takaran penggunaan.
Bahan alami untuk menghilangkan jerawat merupakan jenis bahan alami yang paling ampuh untuk menghilangkan jerawat beserta bekas jerawat pada wajah Anda, kegiatan tersebut tentunya harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain efektif dalam menghilangkan jerawat, khasiat lainnya pada bahan alami tersebut sangatlah menakjubkan. Hal ini tentunya sangat berbeda jika Anda menggunakan cara modern untuk menghilangkan jerawat, karena kebanyakan cara modern seperti meminum obat atau menggunakan krim akan menimbulkan efek lain yang berbahaya bagi kulit wajah.

Leave a Comment